Skip to main content

Cara Cepat Menghafal Al-Quran

Assalamualaikum Wr.Wb.
 Haii sobat pecinta Quran...
Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara cepat menghafal Al-Quran.




Berikut tips cara cepat menghafal Al-Quran:

1. Niat
2. Menghindari perbuatan maksiat 
    Kemaksiatan merupakan bentuk penghalang untuk menghafal Al-Quran.

3. Memanfaatkan waktu luang dan meluangkan waktu
    Jika kita ingin cepat menghafal Al-Quran maka kita harus memaksakan diri untuk melawan rasa malas. Ketika kita mendapat kan waktu luang, maka sebaiknya kita mengisi waktu luang tersebut untuk mencoba menghafal meskipun hanya sedikit. Dan kita harus berusaha untuk meluangkan waktu karena hal itu dapat mempercepat tujuan kita yaitu cepat menghafal Al-Quran

4. Memilih Tempat yang tepat
    Pada dasarnya memilih tempat adalah penting karena kebanyakan dari kita ketika kita mencoba untuk menghafal ditempat keramaian maka konsentrasi kita akan pecah bahkan tidak jalan sama sekali, Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang karena tiap-tiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu pilihlah tempat yang nyaman menurut kita untuk dapat menghafal Al-Quran.

5. Memotivasi diri sendiri
    Memotivasi diri sendiri itu sangat penting, karena keinginan yang kuat akan memberikan pengaruh yang besar dalam menguatkan,memudahkan dan berkonsentrasi dalam menghafal.

6. Menggunakan 1 jenis cetakan Mushaf Quran
    Kenapa? Karena ketika kita menggunakan satu jenis mushaf maka rekaman hafalan kita akan lebih kuat dalam gambaran bentuk dan letak halaman. Dan jika kita menggunakan mushaf berbeda-beda maka akan memberikan gambaran yang berbeda satu sama lain  jadi kita sulit fokus dalam menghafal.

7. Menggunakan Aplikasi untuk sampingan
    Menggunakan aplikasi untuk sampingan ketika mendapat waktu luang merupakan suatu hal yang bertujuan untuk memperkuat hafalan kita. Dengan cara tersebut kita lebih mudah untuk menghafal serta mempunyai gambaran tentang lafadz tersebut.

Disini saya sudah menyiapkan aplikasi yang dibutuhkan untuk proses menghafal Al-Quran

1. Hafalan Quran

    Terdapat fitur-fitur penting dalam aplikasi ini untuk memudahkan dalam menghafal. Untuk lebih jelasnya Silahkan download
Klik Disini

Okee itu saja yang bisa saya sampaikan,mohon maaf bila terdapat kekurangan...Semoga bermanfaat bagi kita semua
Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb
    

Comments

Post a Comment